MENCERDASKAN DAN MEMBERDAYAKAN ANAK BANGSA MELALUI PENGABDIAN MAHASISWA (KKN) UNITAS PADANG


Selasa, 12 September 2017|14:45:51 |Dibaca : 38 Pembaca
about img






MENCERDASKAN DAN MEMBERDAYAKAN ANAK BANGSA MELALUI PENGABDIAN MAHASISWA  (KKN) UNITAS PADANG di  JORONG GATI KECAMATAN SINTUAK, KABUPATEN PADANG PARIAMAN


Pada Tahun Ajaran 2016-2018 Universitas Tamansiswa Padang memilih Kabupaten Padang Pariaman sebagai lokasi sasaran untuk pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) yang diikuti oleh lebih kurang 160 mahasiswa. KKN ini diadakan selama 2 bulan yang dimulai dari tanggal 27 Juli sampai dengan 27 Agustus 2017.

Khusus pelaksanaan kegiatan KKN di jorong Gati diikuti oleh  21 orang mahasiswa yang terdiri dari 3 fakultas di lingkungan Unitas Padang, yaitunya Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Pertanian.

Ketua kelompok KKN jorong Gati yakni Raihan Fadhulrahman menjelaskan, bahwa ada beberapa program prioritas yang telah terlaksana seperti program Penyuluhan Hukum Agraria yang diikuti oleh  masyarakat lebih kurang 60 peserta. Narasumbernya adalah seorang notaris yang bernama Badri Samak, SH. MKn. Penyuluhan hukum agraria ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang konsiderans Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok Agraria, menegaskan peranan kunci tanah, bahwa bumi, air dan ruanga ngkasa mempunyai fungsi yang amat penting untuk membangun masyarakat yang adil dan makmur. Dalam konteks ini,  penguasaan dan penghakkan atas tanah terutama tertuju pada perwujudan keadilan dan kemakmuran dalam pembangunan masyarakat.

 Untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat, maka maka kegiatan Kegiatan yang diciba laksanakan adalah dengan pembuatan ide-ide kreatiftentang berwirausaha, seperti pembuatan Onbas (ondeh-ondehbasah), keterampilan dalam pembuatan bross dari kain  panel, pembuatan Apotik hidup, pembuatan pestisida nabati, dan pemanfaatan lahan tidur di  perkarangan rumah dengan cara menanam bayam bebas ayam dengan cara verticulture, Penyuluhan tentang IB (insiminasi buatan) dan HMT (Hijauan Makan Ternak), dan penanaman rumput gajah yang didapat dari bantuan Dinas Peternakan. Bebrepa program pendukung lainnya yang dilaksanakan adalah Program Bank Darah (donor darah) dan Pembuatan Lapangan Takraw di jorong gati, dan menurut Bapak Wali Korong yakni Bapak Razioum S.H, Masyarakat sangat berterimakasih kepada pihak kampus Universitas Tamansiswa Padang karena hadirnya mahasiswa/i KKN Unitas di jorong gati dapat membantu serta memberikan ilmu kepada masyarakat,  terutama Fakultas Pertanian dan Ekonomi. Mahasiswa KKN juga berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan di Taman kanak- kanak jorong Gati.

Wali Korong Gati menyampaikan, bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Tamansiswa melalui program kuliah kerja nyata (KKN) sangat bermanfaat bagi kesejahteraan msyarakat baik disegi ekonomi maupun sosial dan budaya. Beliau berharap untuk tahun selanjutnya tetap menjadikan korong Gati sebagai salah satu daerah sasaran dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian, baik oleh Dosen maupun mahaisswa, dan bahkan kalu boleh bisa dijadikan sebagai kampung binaan UniversitasTamansiswa Padang.

Link Utama