blog post








Dari kiri Dekan FE Unitas Sepris Yonaldi, Rektor Unitas Dr. Edi Wirman, Ketua ILA Julia F Agusta, Keynote Speaker Dr. Donard Games, Ka Prodi Manajemen Hesti Mayasari, dan Wakil Dekan Yuni Candra.

Kamis 27 April 2017 Hotel Hayam Wuruk Padang (tp: Abeng Gokil)



FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TAMANSISWA PADANG MELAKSANAKAN SEMINAR REGIONAL DENGAN TEMA MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DALAM MENYONGSONG PASAR GLOBAL
 

              Peranan usaha kecil dan menengah sangat besar bagi perekonomian Indonesia dan keberadaannya tidak dapat dipisahkan dari pertumbuhan ekonomi secara nasional, dimana usaha kecil dan menengah dapat berperan sebagai penggerak perekonomian nasional, hal ini terlihat jelas sejak terjadinya krisis di Indonesia pada tahun 1997. Pasca krisis, sejumlah industri dan perusahaan besar mengalami kebangkrutan tetapi sebagai pelaku ekonomi dengan skala usaha lebih kecil, UKM dapat bertahan dan melanjutkan usaha.

              Upaya peningkatan daya saing UKM pada tingkat menteri tercerrmin dari Keputusan Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 71/Kep/Meneg/VII/2000 tentang Pedoman Kelembagaan UKM dengan sasaran menghasilkan koperasi dan UKM yang memiliki daya saing dan meningkatkan kemampuan Koperasi dan UKM melalui pengembangan komoditas unggulan. Selanjutnya pada tataran strategis, KementerianKoperasi dan UKM telah menyusun Rencana strategis Pembangunan UMKM.

              Dr. Donard Games,SE, M.Bus sebagai pembicara utama mengatakan bahwa saat ini Berdasarkan Indeks Daya Saing Global atau Global Competitiveness Index (GCI), WEF menunjukkan bahwa posisi Indonesia berada di peringkat 50 dari 144 negara.  Sektor ekonomi kerakyatan tidak dapat dianggap kecil, tetapi dapat dipandang sebagai suatu potensi yang besar. Upaya yang dapat dilakukan agar UKM memiliki daya saing, antara lain dengan menjalin kerjasama dengan usaha besar atau sesama UKM, penciptaan keunggulan kompetitif, manajemen yang tepat, teknologi tepat guna, dan inovasi yang berkesinambungan.

              Dalam pembukaan acara seminar regional tersebut Bapak Sepris Yonaldi sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Unitas Padang menekankan bahwa untuk mewujudkan UMKM yang memeliki daya saing yang tinggi dalam menghadapi pasar global, maka diperlukan keterlibatan perguruan tinggi melalui riset dan pengabdian secara berkelanjutan. Dalam kesempatan yang sama Bapak Dr. Edi Wirman sebagai  Rektor Unitas juga sangat mengapresiasi kegiatan seminar yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi, dan beliau mengharapkan kegiatan kegiatan ilimiah seperti ini perlu dilakukan secara berkelanjutan.

              Dalam kegiatan Seminar Regional dengan tema “Meningkatkan daya saing UMKM dalam menyongsong pasar global” juga diikuti oleh beberapa pemakalah dari 7 perguruan tinggi dilingkup kopertis wilayah X, diantaranya adalah UNES, UMSB, UNU, AKBP, UPI YPTK, dan UNIDHA. Dalam seminar ini juga memberikan apressiasi kepada pemakalah terbaik, yaitu kepada Bapak Dr. Ir, Syafrizal, MP dengan judul makalah “Perspektif meningkatkan ekonomi masyarakat melalui komposter”. Kemudian penghargaan sebagai pemakalah terbaik juga diberikan kepada ibu Imtihan,S.Pd, M.Pd.E dari UNU Padang dengan judul makalah “Analisis tingkat pendidikan dan sumber modal sebagai upaya pengembangan UMKM dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asean”.

              Dengan keinginan untuk meningkatkan peran seluruh Stake Holders dalam mencerdaskan dan memberdayakan anak bangsa, maka dalam kesempatan yang sama Fakultas Ekonomi Unitas menandatangani MOU dengan Leon Agusta Institute yang diwakili oleh Ibu Julia F Agusta sebagai Ketua. Adapun kerjasama tersebut adalah Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Berbasis Kebudayaan.

                   Yuni Candra, SE.MM sebagai ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan seminar ini merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan dan kemungkinan kegiatan ini menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap tahunnya. Terimakasih kami ucapkan kepada peserta dan pemakalah yang telah berpartisipasi dalam mengikuti seminar regional ini. Salam dan Bahagia..


  • Bagikan