blog post

UNIVERSITAS TAMANSISWA PADANG

 KEMBALI MELAHIRKAN SARJANA BARU


Sabtu (21/10), Universitas Tamansiswa Padang kembali melaksanakan wisuda ke 53 tahun akademik 2016-2017 di Pangeran Beach Hotel  Jl. Ir. H. Juanda No. 79 Padang. Lulusan yang diwisuda berjumlah 143 wisudawan/wisudawati dari tiga Fakultas, yaitu : Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi 34 lulusan, program Studi Peternakan 24 lulusan, Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen 29 lulusan, dan Fakultas Hukum program studi Ilmu Hukum 56 lulusan. Wisuda hari ini terdapat 18 lulusan dengan prediket Dengan Pujian, dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3,71. Kita berharap jumlah mahasiswa diwisuda jauh lebih banyak lagi pada masa mendatang seiring dengan pertambahan jumlah mahasiswa. Sejak wisuda perdana pada Tahun 1991, Universitas Tamansiswa telah menghasilkan 3.452 Sarjana. Alumni tersebut, tersebar diseluruh Nusantara yang menggeluti berbagai bidang pekerjaan, di sektor pemerintahan, swasta dan berwirausaha. Kegiatan wisuda ini juga merupakan salah satu bentuk laporan hasil kerja pihak universitas kepada bangsa dan negara.

 

Kami selaku pimpinan dan segenap civitas akademik UNITAS Padang mengucapkan Selamat atas prestasi yang telah dicapai sebagai hasil kerja keras, ketekunan dan disiplin yang tinggi.  Ucapan Selamat juga kepada para orang tua dan keluarga wisudawan atas keberhasilan anak, suami, istri, dan saudaranya dalam menyelesaikan studi di UNITAS Padang. Terimakasih tak lupa juga kami sampaikan kepada orang tua atau wali wisudawan/wisudawati yang telah memberikan kepercayaan pendidikan keluarganya di UNITAS Padang. Tiada kata yang pantas kami ucapkan, selain mohon maaf apabila selama proses pendidikan masih banyak kekurangan.

Wisuda hari ini juga merupakan momentum yang sangat penting dan bermakna sebagai akhir dari tugas dan tanggung jawab UNITAS Padang dalam mengantarkan secara formal mahasiswa menjadi lulusan sebagai insan yang berilmu dan berakhlak mulia serta siap meniti profesi dan karir sesuai dengan bidang keahlian.  Bagi wisudawan adalah momentum yang me­nan­dai tahapan awal untuk memasuki dunia kerja dan masyarakat.

UNITAS Padang tetap berupaya meningkatkan mutu dan relevansi dengan dunia kerja. Tahun Akademik 2017-2018 secara resmi telah membuka program studi baru Agribisnis dan Aktuaria (S1) dan program studi Agroteknologi (S2) yang ditandai dengan berlakunya Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 476/KPT/I/2017 yang ditetapkan di Jakarta pada 30 Agustus 2017.  Pada kesempatan ini juga kami sampaikan bahwa Program Studi Aktuaria merupakan program studi baru dan hanya satu di luar pulau Jawa.


UNITAS Padang terus berupaya meningkatkan kualitas dalam penyelenggaraan pendidikan melalui peningkatan akreditasi semua program studi.  Tahun 2017 UNITAS Padang juga akan mengajukan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) tentu dengan harapan mendapatkan peringkat yang baik.  Selain peningkatan penyelenggaraan pendidikan, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat juga menjadi prioritas di masa yang akan datang.  Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan melalui sumber pembiayaan Kemenristekdikti, lembaga lain, maupun dana internal.