• Posted: 2022-11-13 16:30:30
  • By: administrator49
  • Readed: 62

Unitas Gelar Wisuda Ke-63, Hadir Mencerdaskan dan Memberdayakan Anak Bangsa

Universitas Taman Siswa (Unitas) Padang menggelar wisuda ke-63 di Pangeran Beach Hotel, Sabtu, 12 November 2022. Acara wisuda dibuka secara resmi oleh Ketua Senat Unitas Padang, Ki Boiziardi AS.

"Kita ucapkan selamat kepada para wisudawan, hari ini impian saudara/saudari untuk menjadi sarjana akan terwujud," ucapnya saat membuka rapat senat terbuka.

Sementara itu Rektor Universitas Taman Siswa (Unitas) Padang, Ki Sepris Yonaldi mengatakan pada wisuda kali ini, 117 wisudawan telah disiapkan untuk menjadi lulusan yang dibutuhkan dunia kerja saat ini. 

"Ada 117 wisudawan dari 4 Fakultas. Yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sains Teknologi dan pendidikan," ucap Sepris.

Dikatakannya, dalam dalam tiga tahun terakhir Unitas mencoba melahirkan beberapa program studi (prodi) dalam rangka menanggapi kebutuhan dunia saat ini, agar Taman Siswa menjadi solusi bagi Sumbar.

Pada kesempatan itu, Rektor Millenial ini juga menyebutkan Prodi unggulan yang ada di Unitas

"Unitas sudah menyiapkan prodi untuk merespon perubahan dan kebutuhan yang ada saat ini. Ada Prodi aktuaria yang pertama di luar pulau Jawa, prodi kewirausahaan, prodi manajemen ritel yang akan menghasilkan intelektual pakar muda ke ritel, prodi geografi non Kependidikan yang sudah bekerjasama dengan beberapa lembaga, prodi agribisnis, prodi manajemen, prodi peternakan, prodi agroekoteknologi, prodi hukum. Serta dua Magister yaitu magister agroekoteknologi dan magister manajemen yang tahun ini ada 27 orang mahasiswanya," tuturnya.

Dikatakannya lagi, Unitas hadir untuk mencerdaskan dan memberdayakan anak bangsa. Sehingga mahasiswa yang tamat dari kampus Unitas ini diharapkan akan berprogres di industri-industri besar dan wirausahawan sukses.

Selain itu wisudawan juga diimbau untuk mampu berinovasi dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri (job creator).

"Unitas hari ini sebagai entrepreneur university (kampus kewirausahaan) juga diharapkan melahirkan lulusan yang mampu membuka lapangan kerja sendiri," katanya.

Menurutnya untuk mencapainya butuh kerjasama perguruan tinggi, industri dan pemerintah.

Sepris juga menyampaikan pencapaian Unitas yang telah resmi berusia 1 abad (100 tahun) pada bulan Juli lalu.

"Usia kita bahkan lebih tua dari Republik ini, diharapkan semua alumni yang diwisuda hari ini dapat menjaga nama Unitas termasuk menjadi Duta-Duta Unitas di luar," ucapnya.

Berbagai prestasi juga telah diraih Unitas diusia 100 tahun ini.

Dikatakannya, dari 160 Perguruan Tinggi di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, unitas selalu masuk peringkat 10 besar dan saat ini telah berakreditasi B. Dan untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) kita juga berada di peringkat ke 7 terbaik.

"Terimakasih kepada orang tua yang telah mengantarkan dan sabar mendukung anaknya menyelesaikan pendidikan di Unitas, tentu kerja baik hari ini akan berdampak pada hasil baik kedepannya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPPTS Unitas Padang, Irwandi Yusuf mengucapkan selamat kepada wisudawan dan orang tua yang telah memilih Unitas untuk mendidik anaknya.

"Terimakasih kepada orang tua telah mengantarkan anaknya menempuh pendidikan di Unitas," ucapnya.

Ia menyebut spirit Tamsis ini dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.

Pihaknya akan terus berkomitmen melanjutkan perjuangan Ki Hajar Dewantara bersama Unitas.

"Termasuk di era globalisasi ini, Tentu kami akan melaksanakan kegiatan di era paapun. Kita harus beradaptasi dengan kemajuan zaman," katanya.

Sementara itu, Sub Koordinator Perencanaan dan Penganggaran LLDIKTI Wilayah X, Adelia Pramitasari berharap wisudawan Unitas tidak hanya memiliki pengetahuan dan karakter bagus, tapi juga mampu menciptakan lapangan kerja merespon kebutuhan saat ini.

"Para wisudawan telah menghabiskan waktu dalam menyelesaikan pendidikan, jadikan sebagai pengalaman yang mahal. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi kedepannya," ucapnya.

Selain itu, di era transformasi digital harus dimanfaatkan untuk percepatan dan meningkatkan daya saing.

"Jadikan momentum ini untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi untuk masa yang akan datang. Terus pacu kreativitas dan inovatif. Tetap optimis dan percaya diri. LLDIKTI akan senantiasa mendorong kemajuan dan tumbuh kembangnya berbagai inovasi di Perguruan Tinggi," tuturnya.(*)

sumber : Harian Haluan

Tags: