• Posted: 2022-06-29 10:58:11
  • By: administrator49
  • Readed: 248

Unitas Gelar Wisuda Ke-62, Siapkan Lulusan yang Dibutuhkan Dunia Kerja

HALUAN PADANG - Universitas Taman Siswa (Unitas) Padang menggelar wisuda ke-62 di Pangeran Beach Hotel, Sabtu, 25 Juni 2022.

Rektor Unitas Padang, Sepris Yonaldi mengatakan 80 wisudawan telah disiapkan untuk menjadi lulusan yang dibutuhkan dunia kerja saat ini. 

"Unitas sudah membuat 12 program studi (prodi) untuk merespon perubahan yang ada saat ini dan kebutuhan. Prodi aktuaria yang pertama di luar pulau Jawa, prodi kewirausahaan yang tahun depan ada wisuda pertamanya, prodi manajemen ritel yang akan menghasilkan intelektual pakar muda ke ritel, prodi geografi berbasis GIS, prodi agribisnis, prodi manajemen, prodi peternakan, prodi agroekoteknologi, prodi hukum, magister managemen dan magister agroekoteknologi. Dan segera ada magister hukum dalam tiga bulan kedepan," tuturnya.

Dikatakannya lagi, mahasiswa yang tamat dari kampus Unitas ini akan berprogres di industri-industri besar. Baik menjadi staf ahli dan teknisi-teknisi hebat di industri maupun wirausahawan. Selain itu wisudawan juga diimbau untuk mampu berinovasi dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri (job creator).

Kedepan, Unitas juga akan masuk ke sistem pendidikan kampus digital. Untuk itu perlu kerjasama dengan industri-industri.

Untuk mempercepat langkah, Unitas juga sudah minta regulasi tentang realisasi kampus digital kepada LLDIKTI.

"Unitas hari ini sebagai kampus enterpreneural university, pada 2030 harus menjadi kampus digital internasional," katanya.

Menurutnya untuk mencapainya butuh kerjasama perguruan tinggi, industri dan pemerintah.

"Akan kita sinergikan agar perguruan tinggi ini menjadi pencetak dan penghasil tenaga kerja kompeten di bidangnya, dan lulusan yang mampu menjadi pembuat kerja (job creater)," tuturnya.

Unitas juga mendukung lulusannya untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

"Terimakasih kepada orgtua yang telah mengantarkan anaknya menyelesaikan pendidikan di unitas, mudahan bisa lanjut S2 di Unitas. Jangan puas sampai S1 saja, harus lanjut. Kita akan beri beasiswa khusus untuk alumni yang lanjut S2 di kampus PTS yang masuk 7 besar di Sumbar, Riau, Jambi ini," ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPPTS Unitas Padang, Irwandi Yusuf mengucapkan selamat kepada wisudawan dan orangtua yang telah memilih Unitas untuk mendidik anaknya.

"Terimakasih kepada orangtua telah mengantarkan anaknya menempuh pendidikan di di Unitas. 10 tahun yg akan datang di era digitalisasi dengan lompatan yang begitu cepat, wisudawan sudah harus disiapkan dari sekarang untuk terjun ke masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Subkoordinator Sistem Informasi dan Kerjasama LLDIKTI Wilayah X, Sirjon, S berharap wisudawan Unitas tidak hanya memiliki pengetahuan dan karakter bagus, tapi juga mampu menciptakan lapangan kerja merespon kebutuhan saat ini.

"Semoga pada masa mendatang jumlah dan kualitas lulusan bisa ditingkatkan agar lulusan mendatang memiliki kualitas yang lebih baik lagi," ucapnya.

Selain itu, di era transformasi digital harus dimanfatkan untuk percepatan dan meningkatkan daya saing.

"Jadikan momentum ini untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi untuk masa yang akan datang. Menghasilkan sikap kemandirian dan tanggungjawab," tuturnya.

Ditempat yang sama Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat orasi Ilmiah memaparkan di industri saat ini butuh inovasi dan kreatifitas untuk maju.

"Banyak yang ingin instan, ambisius, tapi inovasi adalah suatu keharusan. Termasuk d PTS. Pesan saya berbuatlah baik, bangun koneksi dan jaringan, dan perhatikan attitude," ucapnya.(*)